Beberapa fungsi untuk menghitung rata-rata di excel adalah AVERAGE , AVERAGEA, AVERAGEIF, AVERAGEIFS dan WEIGHTED AVERAGE. Masing-masing fungsi rata-rata tersebut bisa digunakan untuk menghitung rata-rata berdasarkan kriteria tertentu. Dalam postingan ini khusus dibahas tentang AVERAGE.
Average adalah salah satu fungsi statistik. Fungsi rata-rata dapat digunakan untuk menentukan rata-rata (aritmetik mean) dari sebuah argumen/ sekumpulan data
Cara penulisan fungsi AVERAGE :
AVERAGE(number1, number2,...)
Number1, number2, ... yang 1-255 argumen numerik yang ingin dihitung rata-ratanya
catatan:
Argumen dapat berupa nomor atau nama, array, atau referensi yang mengandung angka.
Nilai-nilai logis dan teks yang dapat direpresentasikan menjadi angka akan dihitung dalam penentuan rata-rata
Jika sebuah array atau argumen referensi berisi teks, nilai-nilai logis, atau sel-sel kosong, nilai-nilai tersebut diabaikan, namun sel-sel dengan nilai nol yang disertakan dalam perhitungan.
Argumen yang yang tidak dapat diterjemahkan ke dalam bentuk nomor akan menyebabkan kesalahan.
Jika Anda ingin memasukkan nilai-nilai logis dan representasi teks angka dalam referensi sebagai bagian dari perhitungan, gunakan fungsi AVERAGEA.
Contoh penggunaan fungsi AVERAGE
Buat tabel di bawah ini
Ketik data pada sel A3 hingga A8 (Anda dapat menggunakan data Anda sendiri)
1. Pada sel B11 ketik rumus
= AVERAGE (A3: A8)
Formula ini akan menghitung rata-rata dari semua data
2. Pada sel B12 rumus jenis
= AVERAGE (A3: A5, A8)
Formula ini akan menghitung rata-rata dari data pada range A3: A5 ditambah data pada sel A7
Hasil rumusan ini akan muncul seperti pada gambar berikut:
Untuk mendownload file excelnya, bisa gunakan link berikut average function
Tidak ada komentar:
Posting Komentar